Cara Membuat Company Profile - Prepare

Posted by HoopZtory Friday, January 25, 2013 0 comments
Sebuah perusahaan ataupun usaha bisnis lainnya butuh yang namanya publikasi. Dimana publikasi ini sebagai salah satu cara untuk mengenalkan tempat atau produk kepada para konsumen sehinnga para konsumen ini mengetahui, mengenal dan tertarik untuk datang. Jenis publikasi ini bisa beragam bentuknya, bisa berbentuk iklan (text, image, animation, audio or audio visual) dengan menggunakan media radio dan televisi serta media masa. Ada lagi dengan membuat pamflet, buku, web dan tak ketinggalan memanfaatkan jejaring sosial. Ada banyak sekali strategi atau cara untuk publikasi. Namun kali ini saya ingin membahas membuat media publikasi berupa video atau CD Interaktif.

Untuk tahap pertama saya tidak akan menjelaskan cara pembuatannya namun adalah tahap persiapan sebelum produksi. Sebelumnya kita tentukan dahulu software yang akan kita gunakan, misalnya kalau ingin membuat video bisa menggunakan adobe premiere, adobe after effect dll. Dan jika ingin membuat sebuah CD Interaktif berbasis multimedia bisa menggunakan Adobe Flash, Macromedia Adobe Director dan masih banyak lagi software yang bisa anda gunakan.

Ok misalnya kita ingin membuat sebuah CD Interaktif Tentang Pariwisata sebuah daerah (dalam hal ini yang dibuatkan CD interaktif adalah dinas pariswisata). Tujuan dari CD Interaktif ini tentunya adalah sebagai salah satu media publikasi tentang wisata daerah tersebut dengan harapan orang kenal dan tertarik untuk datang ke tempat wisata yang ditawarkan. 

Oke deh..kalau sudah kita tentukan software, bentuk dan tujuan dari project kita tersebut barulah kita melakukan persiapan. Sebelumnya yang paling penting adalah membuat schedule dan pembagian tugas dahulu, jadi kita punya target dalam melakukan setiap tahapan produksi, misal tahap konsep 3 hari, tahap pencarian data 5 hari, tahap pembuatan 8 hari, finishing 2 hari dll. Langkah yang pertama kali adalah membuat konsep dari CD interaktif ini, kalau perlu buat diagram alir data dan storyboardnya. Konsep ini juga membuat konsep tentang desain tampilan, animasi, video, suara, narasi, backsound dan gambarnya. Buatlah konsep sederhana di selembar kertas, disinilah diperlukan ide dan kreatifitas yang tinggi. Nah kalau semua konsep sudah matang barulah kita ke tahap berikutnya yaitu pencarian data. Data ini berupa tulisan, gambar, suara dan video. Cari semua data tersebut yang dibutuhkan, tentunya untuk pencarian data ini kita juga meminta ke dinas tersebut dan juga hunting ke tempat wisata yang ada untuk mengambil gambar dan juga supaya bisa lebih mengerti dan memahami dari tempat yang ingin kita tawarkan atau perkenalkan tersebut. Kalau kita tidak datang sendiri melihat tempat-tempat wisata tersebut tentunya kita akan susah untuk membuat sebuah konsep yang tepat. 

Setelah semua data terkumpulkan kita mulai tahap ke 3 yaitu proses pembuatan CD Interaktif.Seperti yang saya tulis diatas yaotu tentang pembagian tugas, misalkan dalam pembuatan CD interaktif adalah sebuah Tim maka di dalam proses pembuatan ini kita bisa membagi tugas dalam proses pembuatanya. Misalkan ada yang membuat desainnya, ada yang membuat animasi, ada yang editing video, ada yang narasi dll. Jadi setiap orang akan fokus dengan pekerjaannya masing-masing, dan pekerjaan akan lebih mudah untuk diselesaikan sesuai target.

Setelah selesai maka tahap yang terakhir adalah finishing, namun sebelumnya kita lihat dahulu atau uji coba dahulu untuk mencari kekurangan dari project yang dibuat. Ok kalau semua sudah sesuai dengan keinginan dan juga pihak dinas sudah deal dengan project kita maka tahap terakhir adalah menggandakan CD Interaktif tersebut. Kemaslah cover dan cd tersebut se menarik mungkin. Ok deh mungkin tulisan saya diatas bisa sedikit memberikan gambaran bagi anda yang akan membuat sebuah project company profile. Semoga bermanfaat :-)


Protected by Copyscape Web Copyright Protection

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA :-)
Judul: Cara Membuat Company Profile - Prepare
Ditulis oleh HoopZtory
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://onmyglass.blogspot.com/2013/01/cara-membuat-company-profile-prepare.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih untuk komentarnya :-)

Tutorial SEO dan Blog support Online Shop Tas Wanita - Original design by Bamz | Copyright of Love Life and Fashion.

Followers

Total Pageviews

Translate

Labels